Bersihkan Adware Di Komputer Anda Dengan Software Google Ini (TUTORIAL)

Diposting oleh Berita Teknologi on Minggu, Oktober 05, 2014

Ketika program jahat ndompleng di browser anda, mereka mengumpulkan data di komputer untuk menampilkan iklan-iklan atau menyebabkan lemot pada komputer anda.

Google baru-baru ini merilis aplikasi Removal tool untuk Windows yang akan menscan software pada komputer anda yang mungkin menyebabkan masalah pada browser anda.

Dikutip dari CNET, Google menjelaskan bahwa aplikasi ini seperti "Factory reset" untuk Google Chrome. Aplikasi ini akan mengembalikan Chrome anda ke pengaturan awal, dan menghapus program-program yang akan "berbuat" jahat.

Sebelum anda memperbaiki Chrome anda, ada baiknya anda membuat backup untuk settingan Chrome anda, mengingat aplikasi dari Google ini masih dalam versi Beta.

Dilansir dari Ghacks, berikut cara membuat backup tersebut:

- Klik Start Menu, pilih Control Panel, lalu pilih System
- Lalu pilih System Protection
- Ketika muncul jendela pop-up, klik tombol "Create" di bagian bawah.
- Proses ini akan menyimpan Pengaturan terakhir pada sistem anda

Sekarang, anda siap untuk mencoba aplikasi Removal tool dari Google:


1. Download aplikasi Software Removal Tool dari Google di halaman resmi mereka

2. Aplikasi ini tidak membutuhkan untuk di-install. Setelah download selesai, anda dapat langsung menjalankan aplikasi tersebut

3. Google kemudian akan memberi tahu anda jika mereka menemukan/tidak menemukan aplikasi Malicious pada komputer anda. (Jika tidak ditemukan, lanjut ke langkah 5)


4. Klik "Remove suspicious programs" dan tunggu beberapa untuk aplikasi ini membersihkan komputer anda. Ketika selesai membersihkan, aplikasi ini akan memberi tahu anda bahwa proses pembersihan telah diselesaikan. 

5. Akan terbuka tab baru Chrome, yang memerintahkan anda untuk me-reset Chrome dan menghapus semua cookies. Ini adalah pilihan yang optional, ada hanya perlu melakukan ini, jika masih ada masalah yang muncul pada komputer anda.
Software Removal tool ini bukan antivirus, aplikasi ini hanya mampu mengecek dan membersihkan program-program "jahat" yang mungkin menempel di komputer anda selama anda browsing menggunakan Chrome. Jika anda menemukan masalah pada komputer anda, dan anda ingin memeriksa apakah komputer anda terjangkit virus, anda bisa menggunakan aplikasi antivirus seperti Avira atau Avast.

Credit gambar: iBerita & CNET

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar