Membuat Video Photo Slide Menggunakan PhotoGrid (REVIEW)

Diposting oleh Berita Teknologi on Selasa, September 16, 2014

Sekarang ini banyak sekali aplikasi sosial media yang bermunculan. Semenjak Facebook booming, berikutnya menyusul juga Twitter, Google+ – yang menurut kami tidak sempat booming –, Path, Pinterest, Instagram, dll. Masing-masing dari sosial media tersebut memiliki ciri khasnya, Twitter dengan real-time informasinya, Path dengan ke-private-an postingannya, dan Instagram postingan fotonya (dan video).

Instagram adalah sosial media dimana anda memungkinkan untuk mengunggah foto dan video serta memberikan efek-efek keren pada postingan anda. Dengan munculnya instagram, kemudian diikuti munculnya aplikasi third party yang mendukung untuk edit foto dan video untuk kemudian diunggah ke Instagram, salah satunya adalah PhotoGrid.

Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk mengedit foto, memungkinkan anda untuk menggabungkan banyak foto dalam satu frame. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk membuat video slide foto (Photo slide). Video slide foto yaitu suatu video yang berisi banyak foto yang tampil bergantian.

PHOTOGRID
Aplikasi ini cukup mumpuni untuk digunakan, fitur-fitur yang tersedia kami kira cukup lengkap untuk menghasilkan video yang keren. Anda dapat memasukkan foto hingga 50 buah. Setelah anda memilih foto yang akan dibuat slide, anda juga dapat mengatur urutan foto. Jika anda ingin mengedit foto, anda tak perlu aplikasi lain untuk melakukan itu, karena PhotoGrid juga dapat mengedit foto, seperti menambahkan teks, sticker, gambar, mengganti background, dll.

Ketika foto-foto telah siap, anda dapat masuk ke tampilan berikutnya untuk mengedit video anda, menu-menu pendukung untuk mengedit video anda, ada di bagian bawah layar. Menu-menu yang ada antara lain: Music, Time, Transition, Background, Border, dan Signature.

Pada menu “Time”, anda bisa mengatur durasi video anda. Untuk durasi video, secara default durasinya sesuai dengan durasi maksimal video Instagram, yaitu 15 detik.

Anda juga dapat menambahkan music pengiring (backsound) untuk video anda. Music tersebut dapat diambil dari memori penyimpanan anda maupun dari yang disediakan Photogrid. Masih kurang? Oke, anda juga bisa mengatur border video, ini bisa jadi seperti sebuah frame untuk video anda. Selain semua itu, masih ada transisi foto, yang memungkinkan anda memilih efek munculan foto, ada sekitar 9 efek yang bisa anda pilih.

Perlu anda tahu, dimensi (witdh X height) video ini juga telah disesuaikan dengan Instagram, artinya jika anda ingin meng-upload video ini ke Instagram, anda tak perlu repot-repot mengeditnya lagi.

Lalu, bagaimana cara mengupload ke Instagram? Untuk mengu-upload video ke Instagram cukup mudah. Di bagian atas layar, tap ikon share, lalu video akan di-render terlebih dahulu. Setelah video siap, ada dapat meng-upload ke media sosial. Selain Instagram, anda juga bisa meng-upload ke Facebook, WhatsApp, Line, dll.

KESIMPULAN

Sebenarnya masih ada beberapa hal yang belum sempat diuraikan, namun secara fungsional kira-kira uraian diatas telah cukup menggambarkan bagaimana aplikasi PhotoGrid bekerja.ada banyak hal yang telah sesuai dengan kebutuhan, ada pula yang masih belum. Berikut beberapa catatan penting dari tim kami tentang aplikasi PhotoGrid ini:

Kelebihan:
-    Cukup powerful karena kelengkapan fitur-fitur dasar (musik backsound, transisi antar photo, dll)
-    Kaya fitur, khususnya karena memungkinkan kita untuk mengedit tiap-tiap photo
-   Mempunyai media sosial sendiri dan juga terhubung langsung ke media sosial yang kita pakai, sehingga memudahkan untuk share video

Kekurangan:
-    Tidak bisa edit video, hanya bisa membuat video dari kumpulan foto
-   Musik yang disediakan berupa satu file yang memiliki banyak sound mood, ini menyulitkan pengguna untuk menghafal musik yang bagus
-    Tidak menyediakan filter/ effect

Jika anda tertarik dengan aplikasi ini, anda dapat mengunduhnya untuk versi android maupun untuk iOS.

Selamat mencoba guys :)

{ 2 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Terimakasih telah berbagi ilmu , bermanfaat sekali

sekalian ijin promosi ya :)
Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Unknown mengatakan...

articles that you create unbelievably nice and I really liked it

Posting Komentar