Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone (Android, iPhone, Windows Phone, Blackberry)

Diposting oleh Berita Teknologi on Minggu, Agustus 24, 2014

Berikut adalah tips dan trik untuk meningkatkan waktu stand by baterai pada iOS, Android, Windows Phone dan Blackberry

Kecerahan Layar (Display brightness)

Layar pada perangkat mobile tampaknya akan menjadi lebih besar untuk setiap versi smartphone. Seperti LG G3 misalnya, dengan resolusi layar 2.560 x 1.440 pixel. Padahal semakin bagus kualitas layar, maka semakin mereka "membunuh" baterai dan sayangnya teknologi baterai belum berkembang hampir secepat sektor lain dari industri mobile.



Mengurangi kecerahan layar Anda akan membantu untuk meningkatkan masa pakai baterai. Anda juga harus menghindari menggunakan pengaturan kecerahan otomatis. Mode ini menggunakan sensor ponsel, karena mereka digunakan sepanjang waktu, maka lebih cepat menguras baterai Anda, kami menyarankan anda untuk menyesuaikan kecerahan layar secara manual. Mode Auto terkadang juga akan tampilan layar anda pada tingkat yang terlalu terang dan ini jelas sangat menguras baterai anda.

Tidak ada layanan (no Service)

Untuk connective device, keadaan "No Service" dapat menjadi masalah yang menyebalkan. Kecuali bila jaringan Wi-Fi tersedia, perangkat Anda menjadi cukup berguna jika tidak memiliki kemampuan untuk terhubung ke Internet. Anda mungkin juga melihat bahwa baterai Anda habis lebih cepat bila Anda memiliki sinyal tidak stabil. Hal ini terjadi karena perangkat terus mencari sinyal dan mencoba untuk berkomunikasi dengan menara BTS.

Untuk menghemat baterai disarankan mengaktifkan mode Airplane atau menghubungkan ke jaringan Wi-Fi (jika tersedia) jika Anda akan berada di daerah tanpa layanan untuk jangka waktu yang lama.

Streaming Video dan Game

Seperti disebutkan di atas, tampilan yang menarik membutuhkan banyak daya baterai. Daya yang lebih besar bahkan lebih diperlukan ketika Anda sedang bermain game atau Streaming film. Mungkin bermain Angry Birds untuk beberapa menit tidak akan mematikan handphone Anda, tetapi Streaming film HD atau bermain video game dengan kualitas tinggi dapat memakan daya baterai Anda hingga lebih dari 50 persen.

Jika Anda akan berada jauh dari charger Anda untuk waktu yang lama dan tidak memiliki power bank, akan lebih baik jika anda menahan hasrat nge-game anda.

GPS dan lokasi layanan

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa handphone Anda selalu tampaknya hampir habis ketika Anda di tempat baru yang terpencil? Hal ini karena GPS dan aplikasi navigasi yang Anda gunakan mencoba untuk mengindetifikasi tempat baru anda. Layanan lokasi, yang memungkinkan aplikasi berbasis lokasi dan website seperti Foursquare, Google Maps, dan kamera untuk menentukan lokasi Anda, dapat dengan cepat menguras baterai Anda.

Membatasi penggunaan GPS dan fitur geotagging, melacak lokasi Anda sekarang, akan menghemat baterai dan membantu handphone Anda hidup lebih lama. Selain GPS, mengaktifkan Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi  juga akan menguras baterai. Untuk menonaktifkan fitur Location untuk beberapa aplikasi dan layanan dalam menu pengaturan handphone Anda:

  • Pada iPhone atau iPad, masuk ke Settings, pilih Privacy, dan klik pada Location Services. Kemudian ke bawah dan pilih System Services.
  • Pada perangkat Android, masuk ke menu Setinggs, dan klik Location.
  • Untuk Windows Phone, klik tombol Start, pilih Settings, dan tekan Location.
  • Bagi pengguna BlackBerry 10 akan menemukan pilihan dengan mesak ke Settings dan memilih Location Services.
Background Data

Untuk memastikan Anda tidak pernah melewatkan email, update berita, atau appointment, aplikasi pada perangkat mobile Anda terus-menerus ping server. Hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan menguras baterai dan bahkan overages data. Disarankan pengaturan aplikasi tertentu hanya update melalui Wi-Fi, atau tidak sama sekali.

  • Untuk menonaktifkan Background Data pada iOS: masuk ke Settings, pilih General, lalu pilih Background App Refresh. Dari sini Anda dapat memilih aplikasi yang diizinkan/tidak untuk aktif ketika handphone anda sedang stand by.
  • Untuk menonaktifkan Background Data pada Android: masuk Settings, pilih Data Usage, klik aplikasi yang ingin diatur, lalu centang kotak yang bertuliskan "Restrict background data" Jika Anda ingin membatasi semua data latar belakang, klik tiga titik ikon di sudut kanan atas menu penggunaan data dan centang kotak "Restrict background data".
  • Pada Windows Phone 8.1 pemilik akan menemukan pilihan untuk membatasi latar belakang aplikasi data dalam "Data Sense App". 
  • Adapun untuk pengguna BlackBerry 10, masuk ke Settings, pilih Security and Privacy, lalu pilih Application Permission, dan gubah Permissions bar menjadi Run in Background. Setelah di sini, cukup pilih aplikasi dari daftar yang Anda ingin mencegah dari berjalan di latar belakang.

{ 1 komentar... read them below or add one }

andreas mengatakan...

siap gan
multitester digital

Posting Komentar