Charge Handphone Anda Dengan Nyanyian

Diposting oleh Berita Teknologi on Jumat, Agustus 15, 2014

Saat ini, ada dua cara untuk mengisi daya ponsel Anda: kabel dan nirkabel. Bagaimana jika ada cara ketiga yang melibatkan penggunaan suara Anda? Itulah yang para peneliti di Nokia dan di Queen Mary University of London saat ini bekerja.

Sebagaimana dikutip dari Digital Trends, para peneliti saat ini bekerja pada sebuah prototipe smartphone yang dapat diisi ulang dengan menggunakan gelombang suara. Hal ini dilakukan dengan "nanogenerators" yang dirancang untuk bereaksi terhadap suara dan listrik.
Dengan nanogenerators, peneliti menemukan bahwa ketika smartphone itu terkena terdengar seperti suara manusia, lalu lintas, dan musik, itu menghasilkan lima volt listrik. Ini cukup untuk mengisi telepon.

Nanogenerators didasarkan pada konsep empat tahun yang lalu yang diusulkan oleh ilmuwan Korea yang melibatkan sebuah proses yang dikenal efek piezoelektrik. Ini rincian bagaimana kawat nano dari seng oksida mampu menghasilkan arus listrik, selama mereka mengalami stres mekanik, seperti membungkuk, peregangan, dan meremas.

Ini adalah konsep yang memiliki anggota tim, insinyur Joe Briscoe, sangat menarik. "Mampu menjaga perangkat mobile bekerja lebih lama, atau menggunakan baterai sepenuhnya dengan memanfaatkan energi liar yang ada di sekitar kita merupakan konsep yang menarik," kata Briscoe dalam siaran pers. "Kami berharap bahwa kami telah membawa teknologi ini lebih dekat dengan kelangsungan hidup."

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar