Ketika Monyet Selfie, Hak Cipta Fotonya Milik Siapa?

Diposting oleh Berita Teknologi on Jumat, Agustus 22, 2014

Selfie menjadi sesuatu yang telah menarik perhatian, khususnya dalam beberapa waktu terakhir, dengan adanya monyet yang memotret dirinya sendiri. Yang menjadi perdebatan adalah siapa yang memiliki hak cipta untuk gambar tersebut?



Semua tersentak ketika ada foto monyet dalam kamera seorang fotographer bernama David Slater, yang mana foto tersebut diambil sendiri oleh sang monyet. Sang fotographer mengklaim bahwa foto tersebut adalah hak ciptanya. Dan siapapun yang menggunakan foto tersebut harus membayar poyalti kepadanya. Namun di lain pihak, wikimedia -pihak yang menggunakan foto monyet tersebut- mengklaim bahwa David tidak memiliki hak cipta atas foto monyet tadi. Berkenaan dengan itu Kantor Hak Cipta AS telah menyatakan bahwa setiap gambar hasil jepretan binatang tidak dapat didaftarkan dan dilindungi hak ciptanya.

Yang berarti Wikimedia telah memenangkan kasus ini, dan selfie monyet yang sekarang terkenal akan menjadi bagian dari hak publik untuk digunakan semua orang. Sejalan dengan putusan ini, Kantor Hak Cipta juga telah bersiap untuk memperbarui peraturan yang menyebutkan, "mereka tidak akan mendaftarkan karya yang dihasilkan oleh alam, hewan atau tanaman."

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar